Minggu, 03 Mei 2020

Momen Lahiran Bia

Rabu, 13 November 2019.

Usia kandungan 38w5d. Hari ini jadwal saya kontrol ke dokter kandungan. Dianter adik ke dokter karena suami masih dijakarta. Tiba2 dokter kandungannya bilang gini, 
"ah ini mah nanti malem juga lahiran." WHAT? Kayak disamber gledek tau ga. 
"Serius dok?" Tanya saya panik. 
"Ini liat udah dibawah gini kepalanya" katanya sambil meriksa bukaan. "Kalo gak malem ini ya paling telat subuh lah udah keluar." Tambahnya dengan enteng. Sementara saya masih mematung. Wait wait wait... keheula dok. Bisa dipause heula teu?

"Jadi siap2 aja ya pak ya?" Kata dokternya sambil ngangguk ke adik saya. Saya yg semula tegang langsung pengen ngakak. 
"Adik ini mah dok bukan suami. Wajahnya emang kayak bapak bapak sih ya. Wkwkwkk" Adik saya cuma cemberut.

Begitu keluar dari ruang periksa saya segera ke mushola, karena memang bertepatan dg adzan maghrib. Sekalian berdoa jika ini memang waktunya memohon untuk diberi kelancaran. Keluar dari mushola saya buka hp, saya ketawa ngakak juga pas baca digrup keluarga. Adik saya menginfokan digrup kalo teteh malam ini harus siap2 lahiran. Semua anggota keluarga ga ada yg percaya. 😂. Adik saya yg sudah usia 19 tahun ini memang selalu kami anggap "adik", dia selalu gagal menunjukkan eksistensi kedewasaannya pada kami. Yah nasib si bungsu. Pukpuk.

Diperjalanan pulang, saya merasa masih ngawang2. Masih belum percaya apa yg dikatakan dokter. Apalagi saya belum merasakan apa apa. "Bagaimanapun, dokter juga manusia, mungkin bisa benar pun juga bisa salah" gumam saya menenangkan diri sendiri. Saya dan adik saya masih sempet2nya makan malam diluar.
"Teh, kata mamah jangan makan yang pedes!" Haha... saya cuma nyengir teringat momen lahiran anak pertama . 
Trus mamah juga nelepon nanyain barang bayi apa aja yang masih kurang mau sekalian mama beliin. "Wah banyak." Jawab saya gamang. Jujur, rencananya saya baru melengkapi printilan2 itu di weekend ini biar dianter Mama. Mama saya weekday kerja, jadi dia baru ada waktu weekend. Tapi belum juga 39w udah mau brojol. Siapa yg akan ngira?

Suami juga telepon, dia siap2 mau berangkat ke tasik. "JANGAN!" Jawab saya, teringat pengalaman di lahiran anak pertama.
"Nanti kalo udah ada mules atau flek darah ya a?" Lalu suamipun mengalah. Dia minta saya sering mengabari. Dan malamnya saya merasakan kontraksi. 
Saya bolak balik wc dan belum juga melihat ada flek darah. Saya fikir, lahiran anak pertama aja yang ada flek darahnya 5 hari setelah ada flek darah baru brojol. Gimana ini? Udah mah belum ada flek darah, belum 40w pula. Akhirnya saya selalu berfikiran bahwa "ini belum waktunya." 

Meskipun jarak anak pertama ke kedua saya hanya berbeda 2 tahun, tetap saja saya masih lupa2 ingat rasanya kontraksi asli dan palsu. Yang saya ingat dulu lahiran pertama itu mulesnya kayak mau haid. Makanya kali ini juga saya merasa bahwa ini juga kurang lebih kayak nyeri haid. Pokoknya intinya lebih gak dirasa aja pas anak kedua mah. Saya hanya merasakan sakitnya sendirian. Saya khawatir kalo saya sampai merintih sakit dan orang serumah panik lalu ngehubungi sanak saudara lalu mereka berkumpul, lalu krik krik lagi. Hiks. Saya ga mau pengalaman anak pertama terulang lagi. Jadi saya hanya cerita ke suami melalui wasap, bagaimana rasa sakitnya, sesekali suami telepon dan hanya mendengar suara keheningan dari arah saya karena saya ga bisa ngomong apa apa karena nahan sakit. Lalu tiap suami bilang
"aa ke tasik malam ini ya?" Selalu saya jawab "jangan!" Hingga jam 2 pagi saya belum bisa tidur nyenyak. Masih merasakan sakit. Tapi lagi2 gak dirasa, belum ada flek darah, fikir saya waktu itu. Hingga jam 3 subuh saya masih bolak balik wc. Ibu saya terbangun menanyakan keadaan saya, saya cuma jawab, mules biasa sih, tenang aja belum ada flek. Dan jam 7 kontraksi semakin hebat. Udah lemes pokoknya badan ini.

Kamis 14 nov 2019. 
Jam 7 pagi, ibu memaksa saya untuk ke RS. Saya masih ragu karena belum ada flek darah. Pokoknya entah kenapa saya berfikiran kalo patokan lahiran itu flek darah. Karena saya berfikir kalo mules itu subjektif. Bisa aja kali ini saya merasakan sakit padahal ternyata cuma kontraksi palsu. Saya sudah kapok di PHP sama kontraksi palsu. Hiks. Jadinya menganggap semua kontraksi itu palsu. Zzzz semoga bisa dijadikan pelajaran ya. Akhirnya saya memutuskan okelah ke RS aja karena udah sakit banget kayak disetrum setrum. Dan bayangkan ditengah setruman itu saya masih aja ngotot pengen mandi dulu wkwkwkk. Jadi kalo pas lagi ga ada setruman saya buru2 mandi gejebur2 tapi begitu kesetrum (baca=kontraksi) saya duduk berusaha rileks. Hebatnya saya berhasil dong menyelesaikan mandi walopun mandi ayam. Dibajupun sekeambilnya dan sekenanya yg penting syar'i. Dan begitu sampai Rs langsung masuk UGD. Barudeh saya mengiyakan suami untuk cus ke tasik. "Ini bukaan 1 tapi kontraksinya hebat" kata seorang bidan ke rekan kerjanya. Gak lama kemudian ketuban saya pecah, untung udah di RS kan. Nah barulah setelah ketuban pecah, gelombang cinta yang sesungguhnya datang. Tau ga? Saya baru menyadari 1 hal. Bahwa saya gak sesabar dibanding ketika melahirkan anak pertama. Jika diproses lahiran anak pertama saya berdzikir dengan cara bergumam, dianak kedua ini dzikirnya kenceng "ASTAGHFIRULLAHAL ADZIIMMM" 😆. mungkin karena secara psikologis saya belum siap karena memang belum waktunya juga dan ga nyangka aja akan secepet ini. Yang ke 2, ga ditemenin suami. Pengennya mah di pause dulu aja nunggu suami nyampe baru deh di play lagi. 😭. Hingga di bukaan ke 7 saya rasanya ingin menyerah "Mah pengen di sesar aja." Kataku tak sabar sambil menahan sakit kit kit yang teramat sangat. "Sabar teh sakedap deui. Batur mah hoyong lahiran normal teh." Ujar bidannya menenangkan. "TEH PENGEN NGEDEN TEEHH" jawab saya keras sambil susah payah menahan untuk tak mengejan. "SAKEDAP TEH TAHAN NEMBE BUKAAN 8." saya merasakan ada tangan bidan yang menahan kepala bayi di selangkangan agar tak kegencet mungkin atau agar tak keluar dulu entahlah.

Begitulah hingga akhirnya dari jam 7an saya masuk RS, jam 12an Bia lahir. Bayi yang kuberi nama Sabar dan solehah. Sabar karena dia lahir tak ditunggui ayahnya hahahha. Nggak sih, karena kakaknya udah bernama syukur, jadi adiknya sabar. 😄. Entahlah lagi random aja pengen cerita #momenbukaan. Terharu ketika menyadari sudah punya 2 anak. Sudah 2 kali merasakan lahiran. Apalagi di situasi pandemi kayak gini, rasanya lebih dekat dengan keluarga. Merasa harus tambah mensyukuri apa yg telah Allah beri. Karena stay at home ditemani 2 bocah dirumah menjadi lebih bermakna. Melihat setiap detil perubahan dari mereka itu sangat waw banget. Hamdalah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar