Minggu, 03 Mei 2020

Persiapan Lahiran

Saya sering banget ditanyai sama temen (yang saat itu juga lagi hamil gede) mengenai list barang persiapan kalo mau lahiran. Nah mumpung sekarang anak2 udah tidur, yuk kita list bareng2.

Perlengkapan Bayi

  1. Baju tangan panjang (6 pcs)
  2. Baju tangan pendek (6 pcs)
  3. Baju tanpa lengan (3 pcs)
  4. Kaos dalam (6 pcs)
  5. Gurita (6 pcs) -> optional, bisa beli atau nggak, kebetulan ortu saya keukeuh banget bayi baru lahir harus pake gurita. Dengan catatan dipasang ke bayi nya longgar aja gausah kenceng2.
  6. Celana panjang buka kaki (6 pcs)
  7. Celana panjang tutup kaki (6pcs)
  8. Celana Pendek (3 pcs)
  9. Popok bayi (12 pcs)
  10. Baju jumper (6 pcs) -> baju gaya kalo kata orang sunda mah, untuk pergi-pergi, misalnya pas kontrol ke RS atau imunisasi.
  11. Bedong/Pernel (12pcs)
  12. Sarung tangan (6 pcs)
  13. Sarung kaki (6pcs)
  14. Topi bayi (3 Pcs)
  15. Perlak (2 pcs) -> alas ompol, 1 bisa untuk alas tidur 1 lagi untuk ganti diaper
  16. Slaber/bib -> biasanya kepake agar pas bayi menyusui gak basah kena bajunya.
  17. Gendongan bayi, bisa pake yang instan atau jarik biasa
  18. Diaper bag, tas bepergian untuk baby stuff yang simple tapi muat banyak. Saya lebih seneng yang model ransel biar tangan bebas gendong anak ga mesti nenteng, dan bisa dibawain suami jg.
Perlengkapan Mandi Bayi
  1. Handuk mandi (2 Pcs)
  2. Waslap mandi (5 Pcs)
  3. Bak Mandi 
  4. Sabun mandi
  5. Shampo
  6. Baby lotion
  7. Baby Cream
  8. Diaper cream 
  9. Minyak Telon
  10. Baby Oil
  11. Kapas Bulat -> bisa untuk membersihkan pup bayi juga
  12. cotton bud
  13. baby wipes (tissue basah)
  14. Diaper/Pampers newborn
  15. Detergent baby -> optional
Perlengkapan Tidur Bayi
  1. Kasur bayi 
  2. Baby box -> optional
  3. Bantal guling set
  4. Bantal Peyang -> optional, gakperlu perlu amat asal posisi tidur bayi sering diganti-ganti, jangan menghadap kanan terus atau kiri terus. Dan pas main sering ajak posisi tengkurap agar kepala bayi tidak peyang.
  5. Selimut Bayi (3-4 pcs)
  6. Sprei dan sarung bantal set 
  7. Kelambu
  8. Perlak
Perlengkapan Kesehatan 
  1. Dot Bayi -> optional, beberapa ibu melahirkan ada yang ASI nya tidak langsung keluar, jadi mempersiapkan dot bayi lumayan penting untuk jaga-jaga ASI tidak keluar. Bisa diganti cup feeder atau pipet.
  2. Kasa Steril (1 box), untuk perawatan tali pusat karena biasanya baby newborn masih belum puput jadi perlu dibalut kasa steril
  3. Betadin, untuk perawatan tali pusat
  4. Termometer, untuk yang punya bayi penting banget punya termometer ya mom.
  5. Guting kuku bayi
  6. Sisir bayi
  7. Essential oil, bisa merk apa aja khusus untuk bayi, saya biasanya yang merk purekids. Ini sebenernya gak wajib sih mom,cuma saya biasanya nyetok untuk pertolongan pertama kalo bayi kena flu atau batuk :D. Ada juga yang pake merk vaporin. EO ini biasanya ampuh  mengurangi mampet atau untuk melegakan saluran pernafasan bayi.
  8. YLO (Young Living Oil). Nah kalo ini aku termasuk telat kenal sama YLO ini secara harganya lumayan ya Mom hiks. Karena ternyata beberapa oilnya punya beberapa khasiat yang diperlukan oleh ibuhamil atau ibumenyusui atau anak anak. Misalnya oil myrtle untuk mengurangi bunyi grok2 bayi. Trus wangi lavender untuk tidur nyenyak, Wangi peppermint untuk mual bagi ibu hamil dan masih banyak lagi. Nanti kita bahas di tulisan khusus YLO ya 
Perlengkapan Ibu selama persalinan
  1. Bra menyusui (3 - 4 Pcs)
  2. Breastpad, untuk menyerap ASI yang keluar agar tak membasahi baju
  3. Korset/Gurita/Stagen
  4. Sarung (4-5 Pcs), bisa bawa lebih karena biasanya untuk persalinan akan banyak yang kotor kena darah.
  5. Pembalut bersalin
  6. Baju kancing depan, bawa 3 atau 4 selama ke RS, dibutuhkan untuk memudahkan menyusui bayi nantinya sekaligus kalo copot juga gampang soalnya tangan diinfus.
  7. Strechmark cream, saya pake merk Bio Oil. Mulai sering dioleskan ke perut terutama usia kandungan 6 bulan keatas.
  8. Celana dalam (3 - 4 Pcs)
  9. Nursing cover/Apron menyusui
  10. Pompa ASI
  11. Nursig Pillow/Bantal menyusui, kalo menurut saya ini lumayan penting sih Mom, soalnya sebelum punya bantal menyusui saya biasanya harus menata dulu bantal sebelum mulai menyusui agar tangan tak pegal, nah kalo ada bantal menyusui tinggal langsung dipake satubantal aja untuk menopang lengan. 
  12. Tas. Usahain tas mommy stuff dan baby stuff pas ke RS dipisah ya mom, biar pas bayi udah lahir, tas bayi tinggal dikasih ke suster nya untuk ganti2 baju bayi, sementara tas mommy bisa tetap berada bersama kita.
  13. Charger HP
  14. Terminal Listrik / Colokan
  15. Kartu Asuransi/BPJS atau Kartu Identitas
  16. Buku Pink, catatan ibu hamil dan anak
Perlengkapan Menyusui 
  1. Pompa ASI, as working mom, saya perlu pompa ASI untuk nyetok ASI dirumah selama saya kerja, saya punya 2 jenis pompa ASI, ada yang manual ada yang elektrik. Bisa pake yang mana aja sesuai kebutuhan. Tapi untuk review saya nanti kita bahas dipembahasan khusus ya mom.
  2. Storage Bottle (Botol kaca), untuk menyimpan ASIP. Saya punya 10 botol. Ini bisa dipake juga pas anak MPASI mom untuk nyimpan Kaldu.
  3. Kantong ASI
  4. Botol Dot atau bisa pake media lain. Kalosaya pribadi ga pake dot tapi pake soft feeder merk medela, nanti jugakita bahas di pembahasan selanjutnya ya
  5. Sterilizer, saya pake merk baby safe
  6. Penghangat Susu, sterilizer saya yang merk baby safe bisa sekaligus sebagai warmer juga
  7. Sikat botol dan dot
  8. Sabun Cuci botol, saya pake merk sleek
  9. Rak Botol
  10. Ice gel
  11. Cooler Bag
Printilan Bayi Lainnya
  1. Carseat, barang ini penting ga penting sih, saya biasanya pake pas usia bayi udah bisa duduk, sekalian ngelatih dia dimobil agar ga terus minta di gendong. Anak bisa nyenyak tidur dikursinya dan mommy juga bebas dari pegal
  2. Stroller, nah kalo ini penting, terutama buat mommy yang kalo bepergian tanpa Nanny. Saya punya 2 jenis stroller, satu yang model recline 180 derajat, merk Pliko dapet kado dari neneknya. Bisa dipake dari bayi newborn jd bisa dipake buat rebahan posisi tidur. Biasanya dipake buat jemur bayi atau sekedar ngajak jalan2 keliling komplek. Nah satunya yang Cocolate Pockit. Kalo ini posisi reclinenya cuma bisa 150 derajat. Baru bisa dipake sejak bayi umur 3 bulan keatas. Sebenernya yang pliko jg bisa diatur posisinya ya yang setengah rebahan sampe posisi duduk juga bisa cuma ukurannya yg gede ituloh yg bikin traveling ga praktis. Akhirnya ya beli deh yang pockit. Stroler yg bisa dilipat ke posisi terkecil dan muat dibagasi pesawat juga ada tas ransel gandong nya jd mudah buat dibawa bawa kalo ngemall. Naik ekskalator juga bisa pake pockit ini. Ga perlu nunggu naik lift. 
  3. Baby Carrier. Ini juga saya punya 2 jenis, yg model geos (gendongan kaos) juga yg hipseat carrier merk i angel. 
  4. Bouncer, ini optional ya bisa punya atau nggak, lumayan membantu untuk anak bobo sambil diayun ayun sendiri trus kita bisa memantau dari dapur sambil masak. Hehe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar