Senin, 11 Mei 2020

Persiapan MPASI

Tanggal 14 bulan ini Bia tepat umur 6 bulan. Saya harus sudah mulai menyiapkan alat dan bahan persiapan MPASI nya. Oke langsung aja ya kita list...

Alat Makan: 
1. Mangkok, saya pake mangkok dari brother max. Soalnya enak ada kupingnya jd kalo megang mangkuk ga takut jatuh2. Apalagi bisa dipake sampe anak toddler, dia jg nanti bisa megang dibagian kupingnya.


2. Sendok makan
Sendok jg saya pake dari brother max. Pegangannya panjang jadi mantep dipegang ketika nyuapin anak.
Selain sendoi dari brother max, saya jg punya sendok easy to go dari nuby. Bahannya dari silikon jadi lentur gitu hingga ke pegangannya, dan ada tempatnya. Jd enak kalo dibawa bepergian, sendoknya tetep steril.

3. Bib
Saya pake dari brother max juga. Jadi uniknya bin dari brother max itu ada catcher. Dan antara bahan catcher sama bibnya itu beda, kalo bib nya dari cotton warna putih jd kalo kena noda gampang dicuci pake pemutih juga ilang nodanya ga perlu khawatir merusak warna karena memang warnanya putih. Catchernya bahannya dari silikon sehingga mudah dicuci juga jika kecipratan makanan. Uniknya catcher dengan bibnya bisa dicopot. Satu set bib dari brother max kita dapet 2 bib yang bisa dipake ganti2an dengan 1 catcher.
4. High cair
Saya pake yg murah meriah aja dari ikea :D. Bisa dipake sampe anak toddler. Bahkan kadang dipake ganti gantian sama kakaknya yang usia 2.5 thn.

Alat masak mpasi:
1. Saringan kawat
Saringan kawat dipake untuk menyaring makanan bayi terutama diawal mpasi yang mengharuskan bertekstur lembut.

2. Panci dan susuk
Kalo saya biasanya memang menyiapkan panci dan susuk khusus untuk memasak makanan mpasi Bia. Biar ga kecampur dg makanan dewasa yang notabener sangat berbumbu dan terkadang pedas dan kaya gula garam. Jadi better sih dipisah.

3. Talenan dan piso
Bagusnya talenan dan pisonya jg dipisah khusus masak mpasi.

4. Food container
Yang aku suka dari food container dari brother max ini tuh krn dibagian bawahnya terbuat dr bahan silikon, jd kalo makanan mpasi bekunya Bia mau disantap bisa gampang dilepas dari food containernya ini. Tinggal dipanaskan lagi. Jadi fungsi food container ini tuh untuk naro makanan mpasi agar dlm keadaan beku. Aku biasanya sekali masak untuk bia tuh agak banyak. Nah lalu dimasukin ke wadah ini, trus masukin freezer. Jd ntr kalo bia waktunya makan disore harinya tinggal dikeluarin dr freezer dan dihangatkan. Aku lbh suka dengan metode makanan beku gini daripada bubur instan. Tapi ya ga menutup kemungkinan jg aku ladang ngasih bia makan bubur instan.

5. Sterilisasi

Saya pake alat sterilisasi Baby safe. Tempatnya lumayan gede jd bisa muat banyak. Selain buat ngesterilin juga bisa buat ngangetin susu, ngangetin makanan mpasi, rebus telur, dll.

6. Slow cooker
Ini optional sih, cuma dulu saya beli ini tuh karena saya suka nyetok air kaldu untuk mpasi Kira. Sementara kalo ngerebus daging atau sumsum sapi di panci itu semakin lama airnya semakin surut. Padahal kan butuh banyak ya airnya haha. Akhirnya baca2 lah mengenai slow cooker ini dan ternyata bener2 masak secara slow sehingga bikin kaldu lebih efektif, airnya gak menguap banyak dan bener2 kentel penuh lemak yang berterbangan. Lemak inilah yang dibutuhkan untuk bahan campuran mpasi biar anak cepet endut. Slow cooker ini jg selain saya pakai masak kaldu juga dipake untuk bikin bubur nasi. Karena modenya slow jadi malemnya tinggal cemplung cemplung maka besok paginya jadilah bubur penuh citarasa. Ajaib kan.

7. Hand blender
Saya pake ini untuk menghaluskan bahan mpasi, misalnya ayam, atau ati, atau daging sapi biar lebih halus. Saya pake hand blender little giant.


Bahan MPASI


1. Belcube
2. Unsalted butter merk elle
3. Evoo
4. Kaldu
5. Chia seed
6. Oats

Tidak ada komentar:

Posting Komentar